Daftar Sekarang
Total Rating : 0 / 0 Orang

Fasilitator

Peserta Terbaru

Teknik Pengemasan dan Penyimpanan


Peserta: 0 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Mata kuliah Teknik Pengemasan dan Penyimpanan merupakan mata kuliah yang menguraikan tentang konsep teknik pengemasan dan penyimpanan produk pangan, membahas tentang jenis-jenis kemasan, sifat dan karakteristiknya serta hubungannya dengan produk yang dikemas, menjelaskan kerusakan bahan pangan, sistem pelabelan dan aturan kemasan. Selain itu menguraikan tentang teknik penyimpanan, prediksi umur simpan dan distribusi produk.


Materi Pelajaran


I. Kontrak Perkuliahan dan Pengantar Mata Kuliah

Pertemuan I Mata Kuliah Teknik Pengemasan dan Penyimpanan meliputi kontrak perkuliahan dan penjelasan terkait dengan mata kuliah tersebut dan membahas tentang konsep dasar teknik pengemasan dan penyimpanan. Konsep dasar meliputi definisi dan prinsip pengemasan, teknik pengemasan produk pangan, definisi dan prinsip penyimpanan serta teknik penyimpanan produk pangan.

Berikut ini bahan ajar berisi materi untuk Pertemuan I:

1 MK Tek Pengemasan Penyimpanan.pdf

II. Kemasan

Pertemuan II Mata Kuliah Teknik Pengemasan dan Penyimpanan menguraikan tentang pengertian kemasan, fungsi, sifat dan karakteristik kemasan, manfaatnya serta contoh kemasan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini bahan ajar materi untuk Pertemuan II:

2 MK Tek Pengemasan Penyimpanan.pdf

III. Kemasan

Pertemuan III Mata Kuliah Teknik Pengemasan dan Penyimpanan membahas mengenai syarakat dan spesifikasi kemasan, bahan dan bentuk kemasan serta jenis dan klasifikasi kemasan.

Berikut ini bahan ajar materi untuk Pertemuan III:

3 MK Tek Pengemasan Penyimpanan.pdf

IV. Kemasan Kertas dan Plastik

Pertemuan IV Mata Kuliah Teknik Pengemasan dan Penyimpanan menguraikan tentang jenis dan karakteristik kemasan kertas dan kemasan plastik secara detail dan spesifik.

Berikut ini bahan ajar materi untuk Pertemuan IV:

4 MK Tek Pengemasan Penyimpanan.pdf

V. Interaksi Bahan dan Teknologi Pengemasan

Pertemuan V Mata Kuliah Teknik Pengemasan dan Penyimpanan menguraikan tentang interaksi yang terjadi antara bahan dengan kemasan seperti perpindahan gas, panas, kelembaban udara, pengaruh cahaya, dan aspek biologi yaitu mikroorganisme. Selain itu membahas mengenai teknologi pengemasan yang meliputi pengemasan edible, pengemasan aseptik dan pengemasan aktif.

Berikut ini bahan ajar materi untuk Pertemuan V:

5 MK Tek Pengemasan Penyimpanan.pdf

VI. Teknik Pengemasan dan Penyimpanan Biji-Bijian dan Umbi-Umbian

Pertemuan VI Mata Kuliah Teknik Pengemasan dan Penyimpanan membahas mengenai sifat dan karakteristik serealia dan umbi-umbian, kerusakan bahan pangan dan teknik pengemasan serta penyimpanannya. Selain itu menguraikan kemasan yang cocok untuk jenis produk pangan biji-bijian dan umbi-umbian serta sistem penyimpanannya.

Berikut ini bahan ajar materi untuk Pertemuan VI:

6 MK Tek Pengemasan Penyimpanan.pdf

VII. Teknik Pengemasan dan Penyimpanan Hortikultura

Pertemuan VII Mata Kuliah Teknik Pengemasan dan Penyimpanan menguraikan tentang sifat, karakteristik, dan kerusakan bahan pangan hortikultura meliputi buah dan sayur. Selain itu membahas teknik pengemasan, jenis kemasan yang cocok digunakan untuk buah dan sayur, serta teknik penyimpanan hortikultura di rumah pengemasan dan penyimpanan.

Berikut ini bahan ajar materi untuk Pertemuan VII:

7 MK Tek Pengemasan Penyimpanan.pdf

VIII. Teknik Pengemasan dan Penyimpanan Daging, Susu, dan Telur

Pertemuan VIII Mata Kuliah Teknik Pengemasan dan Penyimpanan menguraikan tentang sifat, karakteristik, dan kerusakan bahan pangan meliputi daging, susu, dan telur. Selain itu membahas teknik pengemasan, jenis kemasan yang cocok digunakan untuk produk pangan tersebut, serta teknik penyimpanannya.

IX. Teknik Pengemasan dan Penyimpanan Produk Hasil Laut

Pertemuan IX Mata Kuliah Teknik Pengemasan dan Penyimpanan menguraikan tentang sifat, karakteristik, dan kerusakan bahan pangan hasil laut mengikuti ikan, udang, dan hasil laut lainnya. Selain itu membahas teknik pengemasan, jenis kemasan yang cocok digunakan untuk produk hasil laut serta penerapan sistem penyimpanannya.