Mekanika Fluida


Peserta: 13 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Mata kuliah Mekanika Fluida mempelajari tentang konsep mekanika fluida, sifat dasar dan karakteristik fluida, konsep dan persamaan dasar aliran fluida serta penerapannya dalam ruang lingkup pembelajaran bidang teknologi pertanian.


Materi Pelajaran


I. Kontrak Perkuliahan dan Pengantar Mekanika Fluida

Pertemuan I Mata Kuliah Mekanika Fluida meliputi penjelasan kontrak perkuliahan dan pengenalan tentang konsep dan ruang lingkup mekanika fluida serta fenomena mekanika fluida dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam bidang teknologi pertanian.

1 MK Mekanika Fluida.pdf

II. Sifat Dasar dan Karakteristik Fluida

Pertemuan II Mata Kuliah Mekanika Fluida membahas mengenai sifat dasar dan karakteristik fluida meliputi sifat-sifat fluida, dimensi dan sistem unit, densitas, berat, dan volume spesifik. Selain itu juga membahas terkait tekanan dalam fluida, kekentalan, pergerakan, kapilaritas dan tegangan permukaan.

Kelas A : 2.2 MK Mekanika Fluida.pdf

Kelas B : 2.1 MK Mekanika Fluida.pdf

III. Statika Fluida

Pertemuan III Mata Kuliah Mekanika Fluida membahas tentang konsep dasar statika fluida, prinsip fluida diam, persamaan dasar, dan hubungan antara tekanan, kerapatan dan ketinggian atau kedalaman fluida.

3 MK Mekanika Fluida.pdf

IV. Statika Fluida

Pertemuan IV Mata Kuliah Mekanika Fluida membahas tentang tekanan atmosfir, absolut dan relatif, menguraikan prinsip hukum Pascal, Archimedes dan Buoyansi (daya apung).

4 MK Mekanika Fluida.pdf

V. Kinematika Fluida

Pertemuan V Mata Kuliah Mekanika Fluida meliputi pembahasan tentang konsep dasar kinematika fluida, fluida bergerak, pengukuran titik berdasarkan metode Lagrange dan Euler, sistem dan volume atur. Selain itu menguraikan tentang garis arus, tabung arus, pergerakan fluida, kecepatan dan percepatan fluida.

5 MK Mekanika Fluida.pdf

VI. Aliran Fluida

Pertemuan VI Mata Kuliah Mekanika Fluida menguraikan tentang konsep dasar dan karakteristik aliran pada fluida serta klasifikasi aliran fluida.

6 MK Mekanika Fluida.pdf

VII. Group Task

Pertemuan VII Mata Kuliah Mekanika Fluida membahas tentang pemberian tugas kelompok, penjelasan prosedur teknis dan syarat jurnal yang direview, dan informasi terkait deadline tugas.

Group Task - Journal Review

Review Jurnal Nasional dan Internasional Terakreditasi

TUGAS KELOMPOK MEKANIKA FLUIDA.pdf

VIII. Persamaan Dasar Aliran Fluida

Pertemuan VIII Mata Kuliah Mekanika Fluida menguraikan tentang persamaan-persamaan dasar yang berlaku terhadap fluida, baik fluida diam maupun fluida yang bergerak. Persamaan yang dibahas terkait persamaan kerja dan energi serta momentum yang meliputi persamaan kontinuitas, persamaan bernoulli, serta penerapan hukum bernoulli dalam kehidupan sehari-hari.

8 MK Mekanika Fluida.pdf

IX. Aliran Fluida dalam Pipa

Pertemuan IX Mata Kuliah Mekanika Fluida menguraikan tentang konsep aliran dalam pipa, karakteristik aliran dalam pipa, dan persamaan dasar yang berlaku pada aliran dalam pipa. Selain itu, materi ini membahas mengenai pressure drop dan prinsipnya, serta sistem perpipaan.

9 MK Mekanika Fluida.pdf

X. Lapisan Batas dan Kehilangan Energi

Pertemuan X Mata Kuliah Mekanika Fluida membahas tentang konsep lapisan batas, prinsip terjadinya, jenis-jenis lapisan batas, dan contoh kasus terkait lapisan batas dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya, materi ini juga menguraikan tentang kehilangan energi, konsep dan prinsipnya, serta klasifikasinya.

10 MK Mekanika Fluida.pdf

XI. Aliran Fluida pada Saluran Terbuka

Pertemuan XI Mata Kuliah Mekanika Fluida menguraikan tentang konsep aliran pada saluran terbuka, bentuk dan klasifikasi saluran, serta karakteristik aliran. Materi ini juga membahas mengenai sistem pada saluran terbuka meliputi bendungan, pintu air, pengaliran air, dan distribusi kecepatan aliran pada saluran terbuka.

11 MK Mekanika Fluida.pdf

XII. Persamaan Dasar ALiran pada Saluran Terbuka

Pertemuan XII Mata Kuliah Mekanika Fluida membahas tentang persamaan-persamaan dasar yang berlaku pada proses analisis saluran terbuka, khususnya menguraikan geometri saluran, persamaan kecepatan aliran berdasarkan nilai kekasaran permukaan, dan analisis koefisien distribusi kecepatan.

12 MK Mekanika Fluida.pdf